Friday, February 13, 2009

KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENUJU SUKSES

Apakah komunikasi itu?.
Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dari pihak satu dengan pihak lainnya melalui suatu media tertentu. Di antara berbagai pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki seseorang, komunikasi merupakan suatu hal yang paling penting dan berguna. Pada umunya terdapat 4 komponen komunikasi, yaitu:
1). Sender (pihak yang mengirimkan)
2). Receiver (pihak yang menerima)
3). Info (hal yang dikomunikasikan)
4). Media (komponen perantara)
Mungkin tidak disadari bahwa komunikasi memiliki fungsi yang sangat vital di dalam kehidupan bersosial. Fungsi komunikasi antara lain untuk mencapai pengertian satu sama lain, membina kepercayaan, mengkoordinir tindakan, dan juga merencanakan strategi. Selain itu, komunikasi ternyata juga membutuhkan ketrampilan yang bisa menunjang bagaimana dan apa tujuan yang dikomunikasikan bisa tercapai. Ketrampilan yang harus dimiliki ketika seseorang ingin berkomunikasi diantaranya adalah mendengarkan, bertingkah laku asertif, menyeleisaikan konflik, membaca situasi, dan bersikap persuasi.
Klasifikasi komunikasi sendiri sebenarnya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1). Komunikasi verbal
2). Komunikasi non verbal (body language)
3). Written
Sedangakan dilihat dari style yang ada, komunikasi juga dibagi menjadi 3 bagian:
1). Aggressive : dominasi dalam berbicara dan tidak memberikan kesempatan pada lawan untuk membagi pembicaraaan
2). Assertive : tidak memaksakan kehendak terhadap lawan bicara sehingga antara pembicara dan lawan bicara terjadi proses saling tukar informasi
3). Passive : diam dan hanya menerima apa yang diberikan orang yang berbicara tanpa memberikan respon
Mungkin yang ada di benak setiap orang adalah bagaimana melakukan sebuah komiunikasi efektif. Tidak semua orang bisa mendapatkan dan melakukan komunikasi yang efektif. Untuk melakukan komunikasi yang efektif adalah harus dilihat siapakah lawan bicara yang dihadapi. Jika mengetahui lawan bicara yang dihadapi maka akan sangat mudah melakukan komunikasi dengan orang tersebut. Hasil yang bisa didapat dari komunikasi yang efektif di antaranya adalah pengertian, pengaruh pada situasi dan kondisi sast itu, dan juga hubungan yang tentunya semakin baik.
Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam berkomunikasi, tiap orang pasti pernah mengalami hambatan maupun gangguan. Hambatan untuk menciptakan komunikasi efektif adalah mayoritas dikarenakan kesibukan dengan diri sendiri sehingga mengabaikan lawan bicara, masalah eksternal dan juga factor apakah yang diajak bicara ini merupakan kawan atau lawan. Sedangkan gangguan yang sering dihadapi oleh seseorang dalam berkomunikasi adalah:
-gangguan tekhnis : lebih mengarah pada komponen tekhnis
-gangguan semantic : kesalahan bahasa
-gangguan psikologis : kondisi dari individu
-gangguan fisik : akibat kondisi geografis
-gangguan status : jarak social di antara peserta komunikasi
-gangguan kerangka berpikir : lebih pada perbedaan dalam hal berpikir
-gangguan budaya : akibat perbedaan norma dan adat yang dimiliki
-gangguan gender : perbedaan jenis kelamin

0 komentar: